Teks Eksplanasi : Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah, Contoh

Teks eksplanasi yaitu materi pembelajaran bahasa indonesia yang akan kita uraikan para artikel kali ini. Materi eksplanasi yang akan kita kupas kali ini yakni mengenai pengertian, struktur teks, kaidah kebahasaan, serta ciri - ciri teks ekplanasi. Ya untuk informasi lebih jelasnya lagi mari kita simak penjelasan materi eksplanasi yang akan kita bahas berikut ini.


Teks Eksplanasi

 

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi yaitu teks yang berisi mengenai proses 'mengapa' serta 'bagaimana' kejadian - kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya dan masih banyak lagi yang terjadi di sekeliling kita. Suatu kejadian baik itu kejadian alam ataupun kejadian sosial yang terjadi di sekitar kita, selalu mempunyai hubungan sebab akibat serta memiliki proses. Suatu kejadian yang terjadi di sekitar kita, gak cuma untuk kita amati serta rasakan saja, melainkan untuk kita pelajari. Kita bisa mempelajari kejadian tersebut, misalnya dari segi mengapa serta bagaimana bisa terjadi.

 

Struktur Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi mempunyai struktur yang terdiri dari pernyataan umum, diteruskan dengan urutan sebab akibat, serta diakhiri dengan interprestasi. Untuk lebih memahami lagi tentang struktur tersebut, mari kita simak penjelasan berikut ini.
  1. Pernyataan umum, berisi statemen atau pernyataan umum mengenai suatu topik yang akan diuraikan proses keberadaanya, proses terjadinya, ataupun proses terbentuknya.
  2. Urutan Sebab Akibat, berisikan mengenai detail penjelasan proses keberadaan atau proses terjadinya yang disajikan secara urut atau bertahap dari yang paling awal sampai urutan terkahir.
  3. Interpretasi, berisi mengenai kesimpulan atau pernyataan tentang topik atau proses yang dijelaskan.

Ciri - ciri Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi mempunyai 3 ciri - ciri yang bisa memudahkan kita untuk membedakan antara teks eksplanasi dengan teks yang lainnya. Berikut akan saya paparkan tentang ciri - ciri teks eksplanasi itu sendiri.
  1. Strukturnya terdiri dari pernyataan umum, urutan sebab akibat, dan interpretasi seperti yang sudah saya sampaikan sebelumnya.
  2. Memuat informasi berdasarkan fakta ( faktual ).
  3. Faktual itu berisi informasi yang bersifat ilmiah atau keilmuan seperti sains serta yang lainnya.

 

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi pada dasarnya mempunyai ciri bahasa berikut ini.
  1. Fokus pada hal umum ( generic ), bukan partisipan manusia ( nonhuman participants ), misalnya gempa bumi, banjir, hujan serta udara.
  2. Dimungkinkan memakai istilah ilmiah.
  3. Lebih banyak memakai kata kerja material serta relasional ( kata kerja aktif ).
  4. Menggunakan konjungsi waktu serta kausal, misalnya jika, bila, sehingga, sebelum, pertama, serta kemudian.
  5. Menggunakan kalimat pasif.
  6. Eksplanasi ditulis untuk membuat justifikasi bahwa sesuatu yang disampaikan secara kausal itu benar adanya.

 

Contoh Teks Eksplanasi

 

Pengangguran

 

Pengangguran yakni salah satu fenomena sosial yang berhubungan dengan aspek ketenagakerjaan yang menjadi masalah di masyarakat. Seperti halnya salah satu penyakit, yang secara kronik menyerang segi kehidupan bermasyarakat.  Telah banyak formula penanganan yang diambil, akan tetapi permasalahan ini belum juga tuntas. Bukan hanya di Indonesia, permasalahan pengangguran ini dijumpai hampir di setiap negara. Setiap negara di dunia, menjadikan problem pengangguran menjadi agenda utama. Secara umum, banyak yang menafsirkan bahwa pengangguran yakni orang dewasa yang tidak bekerja, sedang mencari pekerjaan, atau tidak mempunyai pekerjaan secara formal serta tidak mendapatkan penghasilan.  Selain itu Badan Pusat Statistik (BPS) secara spesifik memberikan definisi mengenai pengangguran yakni : orang - orang yang bekerja kurang dari 1 jam setiap minggu. Ada beberapa faktor yang sangat mendasar yang menjadi penyebab terjadinya pengangguran. Pengangguran bisa terjadi lantaran adanya kesenjangan antara pencari kerja dengan kesempatan kerja. Pengangguran juga bisa disebabkan oleh adanya perubahan struktural dalam perekonomian. Perubahan ini menyebabkan kebutuhan kepada tenaga kerja dengan jenis atau tingkat keterampilan yang berbeda. Sehingga, kualifikasi yang dimiliki oleh pencari kerja gak sesuai dengan tuntutan yang ada. Dan yang kerap terjadi yaitu pengangguran yang disebabkan oleh pemutusan hubungan kerja terhadap karyawan serta buruh.

Akibat terjadinya pengangguran, yaitu menyebabkan berbagai persoalan ekonomi serta sosial bagi yang mengalaminya. Orang yang tidak memiliki mata pencaharian juga tidak mendapatkan penghasilan, serta yang tidak berpenghasilan tidak dapat berbelanja untuk membeli barang untuk kebutuhan hidup. Jika jumlah penganggur banyak, tentunya akan terjadi kekacauan sosial, jumlah gelandangan bertambah, tentunya dapat menimbulkan tindakan kriminal.

Dari seluruh penjelasan di atas, maka sudah jelas bahwa pengangguran yaitu masalah besar yang mesti segera dicarikan solusinya. Langkah nyata yang bisa ditempuh adalah dengan memperbaiki situasi lapangan kerja. Dengan semakin meningkat situasi lapangan kerja, kekerasan sosial akibat pengangguran dapat dikurangi atau diatasi. Di samping itu, memperbaiki susunan lulusan sarjana yang diperoleh serta disesuaikan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja. Langkah yang cukup baik lagi yakni bila kita mampu memberikan keterampilan yang memadai untuk mereka usia kerja menjadikan dapat menciptakan lapangan kerja sendiri. Semua langkah ini mesti cepat kita ambil supaya masalah pengangguran dapat terselesaikan dengan cepat.

Demikian uraian di atas tentang Teks Eksplanasi : Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah, Contoh. Semoga tulisan ini dapat menyajikan informasi yang berguna bagi para pembaca, terima kasih.

Advertisements