Norma Sosial : Pengertian, Jenis dan Contohnya

Norma Sosial - Secara umum , norma yakni pedoman perilaku atau tingkah laku untuk melangsunkan kehidupan bersama - sama dalam suatu golongan masyarakat. Norma bisa juga diartikan sebagai petunjuk atau ketentuan dasar perilaku yang dibenarkan serta pantas dilakukan ketika melakukan interaksi sosial dalam kelompok masyarakat tertentu. Perbedaan yang paling mendasar tentang nilai dengan norma sosial yaitu bila norma sosial terdapat sanksi sosial bagi orang yang melanggarnya.

Apa itu norma sosial ? Pada artikel kali ini kami akan menguraikan Norma sosial, jenis serta contoh norma sosial.

Norma Sosial

Pengertian

Norma sosial merupakan kebiasaan atau prilaku umum menjadi panduan perilaku dalam suatu golongan masyararkat serta batasan daerah tertentu. Norma akan berkembang seiring dengan kesepakatan - kesepakatan sosial masyarakat sekitarnya, sering juga dikatakan dengan peraturan sosial. Norma menyangkut perilaku - perilaku yang pantas dilakukan dalam menjalani hubungan sosialnya. Keberadaan norma dalam masyarakat bersifat memaksa individu atau suatu golongan supaya bertindak sesuai dengan aturan sosial yang sudah ada. Pada dasarnya, norma disusun supaya interaksi di antara manusia dalam masyarakat bisa berlangsung tertib sebagaimana yang diinginkan.

Jenis - Jenis Norma

Ditinjau dari sanksinya terdapat beberapa jenis norma yaitu :

1. Tata Cara ( Usage )

Tata cara yaitu norma yang menunjukan kepada suatu perubahan dengan sanksi yang begitu ringan terhadap pelanggarnya, misalnya aturan memegang garpu atau sendok saat makan. Suatu pelanggaran atau penyimpangan kepadanya tidak akan menimbulkan hukuman yang berat, namun hanya sekedar celaan atau dijelaskan tidak sopan oleh orang lain.
Beberapa contoh pelanggaran serta sanksi norma sosial berdasarkan tata cara : makan memakai tangan kiri.

2. Kebiasaan ( Folkways )

Kebiasaan yaitu cara - cara bertindak yang disukai oleh masyarakat sehingga dilakukan secara berulang - ulang. Folkways mempunyai kekuatan mengikat yang lebih besar daripada usage, misalnya mengucapkan salah saat bertemu, atau membungkukkan badan sebagai rasa hormat pada orang yang lebih tua, serta membuang sampah pada tempatnya. Bila hal - hal tersebut tidak dilakukan, maka dianggap penyimpangan kepada kebiasaan umum dalam masyarakat serta orang akan menyalahkannya. Sanksinya bisa berupa celaan, cemoohan, sindiran atau bisa menimbulkan bahan gunjingan masyarakat.

3. Tata Kelakuan ( Mores )

Tata kelakuan yaitu norma yang bersumber pada filsafat, ajaran agama, ataupun ideologi yang dianut oleh masyarakat. Pelanggarnya disebut penjahat.
Contoh mores yakni : larangan berzina, berjudi, minum minuman keras, penggunaan narkotika serta zat - zat adiktif, serta mencuri.
Fungsi mores antara lain :
  • Memberikan batas - batas tingkah laku individu.
  • Mengidentifikasi dengan kelompoknya.
  • Menjaga solidaritas antara anggota - anggota masyarakat sehingga mengukuhkan ikatan dan mendorong tercapainya integrasi sosial yang kuat.

4. Adat ( Customs )

Adat yaitu norma yang tidak tertulis, namun sangat kuat mengikat yang menjadikan anggota masyarakat yang melanggar adat istiadat akan menderita disebabkan sanksi keras yang kadang - kadang secara tidak langsung dikenakan. Misalnya, pada masyarakat Lampung yang tidak memperbolehkan terjadinya perceraian, jika terjadi suatu perceraian, maka tidak cuma yang bersangkutan yang mendapat sanksi, melainkan seluruh keluarganya pun ikut tercemar.

5. Hukum ( Laws )

Hukum yakni merupakan norma yang bersifat formal serta berupa aturan tertulis. Sanksi terhadap pelanggar sifatnya paling tegas ketimbang dengan norma - norma lainnya. Hukum yakni suatu rangkaian aturan yang diarahkan kepada anggota masyarakat yang berisi ketentuan - ketentuan, perintah, kewajiban, ataupun larangan, supaya dalam masyarakat tercipta situasi yang tertib dan adil. Ketentuan - ketentuan dalam norma hukum lazimnya disusun dalam bentuk kitab undang - undang atau konvensi - konvensi. Sanksi yang diberikan bisa berupa denda atau hukuman fisik.

Bila ditinjau dari sumbernya norma dapat dibedakan menjadi :

1. Norma Agama

Norma agama yaitu peraturan sosialnya yang sifatnya mutlak sebagaimana penjelasannya serta tidak bisa ditawar - tawar atau diubah porsi atau ukurannya karena berasal dari Tuhan.
Pelanggarannya terhadap norma agama disebut dosa.
Contohnya :
Sembahyang kepada Tuhan, tidak boleh mencuri, tidak boleh berbohong, dan masih banyak lagi.

2. Norma Kesopanan atau Etika

Norma kesopanan yaitu peraturan sosial yang mengarah pada hal - hal yang berkaitan dengan bagaimana seseorang mesti bertingkah laku yang wajar dalam kehidupan bermasyarakat. Pelanggaran terhadap norma ini akan memperoleh celaan, kritik serta yang lainnya tergantung pada tingkatan pelangarannya itu sendiri. Norma kesopanan bersifat relatif, artinya apa yang dipandang sebagai norma kesopanan berbeda - beda di berbagai tempat, lingkungan atau waktu.
Contohnya :
  1. Menghormati orang yang lebih tua
  2. Tidak meludah sembarangan
  3. Tidak berkata kotor, kasar serta sombong

3. Norma Kesusilaan

Norma kesusilaan yaitu peraturan sosial yang berasal dari hati nurani yang menghasilkan akhlak, menjadikan seseorang dapat membedakan apa yang dipandang baik serta apa yang dianggap buruk. Pelanggaran terhadap norma ini berakibat sanksi pengucilan secara fisik ( di penjara, diusir ) ataupun batin ( dikucilkan ).
Contohnya :
Orang yang berhubungan intim di tempat umum akan dicap asusila, melecehkan wanita atau laki - laki di depan orang ( umum ).

 

4. Norma Hukum

Norma hukum yaitu aturan sosial yang dibuat oleh lembaga - lembaga tertentu, misalnya pemerintah, sehingga dengan tegas bisa melarang serta memaksa orang untuk bisa berprilaku sesuai dengan keinginan pembuat peraturan itu sendiri. Pelanggaran terhadap norma ini berbentuk sanksi denda hingga hukuman fisik ( dipenjara, hukuman mati ). Ketentuan - ketentuan bersumber pada kitab undang - undang yang berlaku pada suatu negara.

 Demikian uraian di atas tentang Norma Sosial : Pengertian, Jenis dan Contohnya. Semoga tulisan ini dapat menyajikan informasi serta dapat menambahkan pengetahuan untuk anda, terima kasih.

Advertisements